Sabtu, 01 Oktober 2011

Jenis dan Tipe Kabel pada Networking

         Setiap jenis kabel mempunyai kemampuan dan spesifikasinya yang berbeda, oleh karena itu dibuatlah pengenalan tipe kabel. Ada dua jenis kabel yang dikenal secara umum, yaitu Twisted Pair (UTP unshielded twisted pair dan STP shielded twisted pair) dan Coaxial Cable.
Kabel UTP
         UTP, singkatan dari “Unshielded Twisted Pair”. Disebut unshielded karena kurang tahan terhadap interferensi elektromagnetik. Dan disebut twisted pair karena di dalamnya terdapat pasangan kabel yang disusun spiral alias saling berlilitan. Ada 5 kategori kabel UTP. Dari kategori 1 sampai kategori 5. Untuk jaringan komputer yang terkenal adalah kategori 3 dan kategori 5.
Kategori 3 bisa untuk transmisi data sampai 10 mbps, sedang kategori 5 sampai 100 mbps. Kalau hanya buat misalnya jaringan komputer di kantor atau kampus atau warnet, paling hemat ya menggunakan yang kategori 3. Itu sudah lebih dari cukup.

     Sampai saat ini yang saya tahu dan sudah ada beredar dipasaran ada 7 kategori kabel UTP ini, yang kegunaannya anatar lain :
  • cat 1:   sebelumnya dipakai untuk POST (Plain Old Telephone Service) telephone dan ISDN.
  • cat 2:   dipakai untuk token ring network dengan bw 4Mbps
  • cat 3:   dipakai untuk data network dengan frequensi up to 16Mhz dan lebih populer untuk pemakaian 10mbps
  • cat 4:   Frequensi up to 20Mhz dan sering dipakai untuk 16mbps token ring network.
  • cat 5:   Frequensi up to 100Mhz dan biasa dipakai untuk network dengan kecepatan 100Mbps tetap kemungkinan tidak cocok untuk gigabyte ethernet network.
  • cat 5e: Frequensi dan kecepatan sama dengan cat-5 tetapi lebih support gigabyte ethernet network.
  • cat 6:   Memiliki kecepatan up to 600-1000Mbps atau lebih dari dua kali cat-5 dan cat-5e
  • cat 6a: Kabel masa depan untuk kecepatan up to 10Gbps
  • cat 7:   Di design untuk bekerja pada frequensi up to 600Mhz, Kecepatan transmisi data maksimal 1000 Mbps.
           Kabel UTP kategori satu dan dua tidak digunakan dalam jaringan komputer karena kemampuan transfer datanya sangat rendah.Kabel kategori ini banyak digunakan untuk komunikasi telepon ,atau berfungsi sebagai kabel telepon.

Sedangkan kalau berdasarkan jenisnya kabel UTP ada 2, yaitu :

1. Unshielded Twisted Pair (UTP).
          Salah satu jenis kabel yang paling banyak digunakan dalam jaringan komputer saat ini. Disebut unshielded karena kurang tahan terhadap interferensi elektromagnetik. Dan disebut twisted pair karena di dalamnya terdapat pasangan kabel yang disusun spiral alias saling berlilitan. Sesuai namanya,kabel ini berisi empat pasang (pair ) kabel yang tiap pairnya dipilin (twisted). Berbeda dengan kabel STP (= kabel yang berisi dua pair kabel yang masing-masing pair dipilin) ,kabel ini tidak dilengkapi dengan pelindung (unshielded). Keempat pasang kabel (delapan kabel) yang menjadi isi kabel berupa kabel tembaga tunggal yang berisolator.
2. Shielded Twisted Pair (STP).
          Pada kabel STP, didalamnya terdapat satu lapisan pelindung kabel internal sehingga melindungi data yang ditransmisikan dari interferensi/gangguan.

Ada dua Tipe pemasangan UTP yaitu : Tipe Cross dan Straight.

  • Berikut Model Staight :
  1. Putih Orange  ——–  Putih Orange
  2. Orange  —————  Orange
  3. Putih Hijau  ———-  Putih Hijau
  4. Hijau  —————–  Hijau
  5. Putih Biru  ———–  Putih Biru
  6. Biru   —————–  Biru
  7. Putih Coklat  ——–  Putih Coklat
  8. Coklat  —————  Coklat
  • Berikut Model Cross :
  1. Putih Orange  ——–  Putih Hijau
  2. Orange  —————  Biru
  3. Putih Hijau  ———-  Putih Orange
  4. Hijau  —————–  Hijau
  5. Putih Biru  ———–  Putih Biru
  6. Biru   —————–  Orange
  7. Putih Coklat  ——–  Putih Coklat
  8. Coklat  —————  Coklat
dan ini adalah contoh gambar kabel UTP yang kita butuhkan untuk mengkrimping kabel:

Kabel UTP




=> Konektor
Konektor adalah peripheral yang kita pasang pada ujung kabel UTP tujuanya agar kabel dapat kita pasang pada port LAN. Kita harus mempunyai konektor RJ-45 untuk dipasangkan pada ujung kabel UTP. dan alat ini sangat berguna sekali.


konektor RJ-45




=> Cable Tester
Merupakan alat untuk menguji hasil krimpingan kita,tapi kalau krimpingan kita salah maka lampu di Cable Tester ini tidak akan menyala dan kalau hasil krimpingan kita sudah benar maka lampu di Cable Tester akan menyala dengan otomatis,jadi alat ini sangan berguna bagi kita untuk mengetahui hasil krimpingan kita,di bawah ini contoh gambar Cable Tester:


tester kabel UTP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar