Selasa, 27 Desember 2011

Cara Mengkoneksikan Jaringan Antar Switch Dengan Menggunakan Paket Cisco Paket Tracer

 
Paket tracer adalah software yang digunakan untuk melakukan simulasi jaringan.Software ini dikembangkan oleh sebuah perusahaan yang intens dala masalah jaringan yaitu cisco.Untuk mendapatkan software ini sangatlah mudah,karena kita bisa dapatkan secara gratis dari internet dan kita tak perlu susah-susah untuk membeli alat ini yang harganya melambung tinggi,oleh karena itu orang menciptakan software ini dengan tujuan unuk mempermudah kita dalam mengaplikasikan jaringan terutama dikalangan kita yaitu mahasiswa yang ingin mempelajari jaringan secara virual.Paket tracer ini sangat bermanfaat bagi kita semua.
Sekarang kita akan mempelajari bagaimana cara pengkoneksian antar switch.
Langkah- Langkahnya yaitu :
 
1.Bukalah aplikasi cisco paket tracer yang telah terinstall di komputer kamu.
 
 
2.Setelah itu tambahkan switch dan PC di area kerja kamu yang terdapat dibagian bawah.Disini saya memakai 2 switch dan 8 PC akan tetapi saya kerjakan satu persatu dulu ok.
 
 
 
 
 3. Lalu tambahkan kabel nya supaya terkoneksi,diujung kabel ada bulatan yang bewarna,jika warnanya masih merah berarti belum terkoneksi,tapi kita tunggu sebentar agar warna lampu menjadi hijau berarti sudah terkoneksi.Nah kabel yang kita pakai yaitu kabel straight.
 
 


 
 
4.Berikan IP masing-masing PC jika warnan kabelnya sudah hijau,klik aja dua kali di PC mana Yang akan kamu beri IP,lalu klik dekstop,pili ip configuration.
 



5.Kemudian masukkan ip pada PC yang kamu inginkan,tapi kamu pilih yang static,begitu juga pada PC yang lain.
 
 

IP pada PC saya yaitu  :
IP Adress : 192.168.1.11
Subnet Mask : 255.255.255.0
Default Gateway : 192.168.1.100
 
6.Sekarang kita pastikan apakah antar PC sudah terkoneksi atau belum,caranya double klik pada PC yang akan kamu beri ping,kemudian klik dekstop,lalu pilih command prompt.
 
 
7. kemudian tes koneksinya pada Pc yang akan kamu ping.
 
 
 
 
 8. setelah terkoneksi antar PC,lalu buatlah kabel antar switch 1 dan switch 2 agar dapat terkoneksi antara PC pada switch 1 dengan PC pada switch 2.Disene kita memakai kabel cross untuk menghubungkan switch 1 dengan switch 2.




Sekian Penjelasan dari saya tentang Cisco Packet Traser, semoga bermaaf bagi teman2 semua.
Thax...  :)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar